Tuesday, March 4, 2014

Peran Media Dalam Publikasi Kegiatan Akber Pontianak


Sudah bukan rahasia lagi bahwa pernan Sosial Media sangat penting dalam membantu menyebar luaskan informasi atau kegiatan yang diadakan oleh Akademi Berbagi Pontianak ini,   Selama ini memang masigh berkutat di ajang jejaring sosial media Twitter resmi Akademi Berbagi (Akber) Pontianak yang berlamat di @AkberPTK tersebut.   Saat tulisan ini diturunikan jumlah follower Akademi Berbagi (Akber) Pontianak masih di angka 200 an .  Masih banyak yang harus dilakukan lagi agar semakin banyak warga setempat warga lokal Pontianak pada khususnya untuk menjadi sahabat Relawan Akademi Berbagi Pontianak atau Akber Pontianak ini. 

Saya jadi teringat materi Workshop Twitter yang baru baru ini diselaenggarakan oleh American Corner (AMCOR) yang berlokasi di dalam kampus Universitas Tanjungpura Pontianak pada bulan Juli 2012 yang lalu.  Nah  Materi yang disampaikan  Prof.Mindy McAdams  mulai dari pengertian dasar mengenai "Global Journalism" hingga kepada pemanfaatan Sosial Media Twitter atau jejaring sosial sebagai salah satu cara untuk mempublikasikan berita dan informasi kepada dunia juga di sampaikan. Tidak ada materi yang dibagikan atau bahan workshop yang disampaikan Prof.Mindy McAdams tersebut karena semuanya bisa di download di alamat website yang beliau sampaikan kepada para peserta.
Dari segi judul dan materi workshop bagi mereka yang sudah paham dunia Jurnalistik atau setidaknya sudah sering mendengar atau membaca informasi tentang jurnalistik tentu tidak akan asing dengan judul materi yang dibawakan Prof.Mindy McAdams tersebut. Namun kita harus menghargai para peserta yang masih awam atau baru akan mengenai dunia jurnalistik atau ingin mengetahui apa sih Jurnalistik dari kaca mata seorang pakar seperti Prof.Mindy McAdams tersebut, nah ini yang menarik menurut saya. Nah dari sinilah peran Sosial Media seperti Facebook dan Twitter merupakan kombinasi yang dahsyatn menurut saya dalam mempromosikan kegiatan kelas Akademi Berbagi Pontianak.

Jangan lupa juga bahwa peran Media Cetak seperti misalnya Surat Kabar dan Majalah juga memegang peranan yang tidak bisa diremehkan begitu saja.  Dengan semakin massive nya informasi global yang disebarkan dalam jejaring sosial media berbasis internet, dukungan penyebaran informasi melalui Media Cetak atau Surat Kabar juga dirasakan perlu. Salah satu alasannya adalah koran lokal di daerah seperti di Kota Pontianak, koran lah yang nyaris masuk ke dalam pelosok pelosok dusun atau kampung.  Tidak semua orang bisa akses Internet atau Twitter, namun penetrasi Koran bisa menjangkau mereka.

Akademi Berbagi (Akber) Pontianak sudah  lama menjalin kerja sama dengan salah satu Media Cetak terbesar di Kalimantan Barat yakni Harian Pontianak Post.  Walaupun Harian ini memang merupakan salag satu Group atau anak perusahaan yang tergabung dalam jaringan Jawa Pos News Network (JPNN) yang nota benenya adalah milik salah satu Calon Presiden,  Akademi Berbagi (Akber) Pontianak adalah INDEPENDENT dan NETRAL.   Kerja sama di sini hanya membantu PUBLIKASI kegiatan Akber Pontianak saja dan penyediaan tempat (Venue) untuk penyelangaraan kelas Akber Pontianak. Tidak ada lebih dari  itu.   Akademi Berbagi (Akber) Pontianak kini memiliki "network" untuk menyebar luaskan informasi kegiatan Kelas Akber salah satunya adalah melalui peranan Media Cetak tersebut.   (Asep Haryono)

0 comments:

Post a Comment